Wednesday, March 25, 2009

Buku: Setengah Gila Setengah Waras. Normalkah Aku? Kisah Nyata Seorang Penderita Penyakit Gangguan Syaraf & Kelainan Jiwa

Buku ini dituturkan secara apa adanya oleh Amy S. Wilensky, seorang magister dalam bidang penulisan yang di diagnosa menderita Sindrom Tourette dan OCD (Gangguan Obsesif Kompulsif). Rangkaian kisah dalam buku ini tersaji dalam bentuk rentetan true story perihal kegigihan Amy dalam mengatasi gangguan syaraf & jiwa yang dideritanya. Cerita yang hadir mengalir lancar mulai dari pengalaman pertamanya merasakan gangguan pada syarafnya.
Gangguan perilaku berulang yang terjadi pada dirinya juga menjadi hal yang tak kalah menariknya. Dengan kegigihan penuh, Amy berhasil melwati masa-masa tersulit dalam kehidupannya yang melelahkan. Sampai pertemuan dengan seorang psikolog klinis merubah hidupnya. Berkat bantuan sang psikolog, Amy dirujuk pada seorang psikiater yang kemudian menyelamatkan kondisi Sindrom Tourette dan gangguan obsesif kompulsifnya. Melalui suatu kombinasi terapi obat dan terapi perilaku dari seorang psikolog, akhirnya penderitaan Amy akan kondisi syaraf & jiwa dapat berkurang intensitasnya sehingga dirinya dapat melanjutkan fungsi sosialnya secara stabil. Sungguh perjuangan yang teramat berat sehingga pada akhirnya dia pun dapat menyelesaikan tulisan yang kini hadir dalam bentuk buku ke hadirat penikmat kisah nyata kejiwaan.
Di sela-sela pergulatan dirinya akan pikiran berulang obsesif kompulsif dan penderitaan Sindrom Tourette, Amy berhasil mengatasi kondisi tersebut dengan bantuan dukungan sosial dari berbagai pihak. Suatu kepantasan baginya untuk mendapatkan sebuah acungan jempolna banyak makna yang terkandung dalam ulasan tulisan Amy ini. True Story ini berfungsi ganda, yaitu sebagai pedoman dalam menyelami pola perilaku dan pikiran berulang seorang penderita Sindrom Tourette yang komorbid dengan gangguan obsesif kompulsif. Buku ini tidak hanya laksana sebuah case report, tetapi juga menyadarkan kita akan suatu jiwa keber-empati-an.
Buku ini sangat saya sarankan untuk menjadi sumber bacaan bagi kalangan praktisi kejiwaan, baik itu psikolog maupun psikiater, karena banyak makna yang hadir tersaji dalam tulisan Amy ini.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home