Wednesday, March 25, 2009

Buku: Dangerous Relationships - Pedoman Deteksi Dini KDRT

Buku ini ditulis oleh Noelle Nelson, PhD, seorang psikolog klinis yang mengulas tentang bagaimana mengenali dan merespon sejak dini gejala-gejala Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Domestic Violence). Kehadiran buku ini menjadi penting, karena berdasarkan suatu penelitian ternyata sebagian besar wanita tidak paham tentang apa dan bagaimanakah yang dikatakan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) itu. Wanita seringkali tidak menyadari sebelumnya bahwasannya mungkin perlakuan yang pernah diterimanya dari sang suami itu sebenarnya adalah bentuk dari tindakan KDRT, tetapi mereka tidak menyadarinya.
Pembahasan menyeluruh tentang KDRT terangkum semua dalam buku ini, sehingga buku ini seakan menjadi pedoman dan acuan kaum wanita dalam mengetahui KDRT sebelum dirinya menjadi korban. Berisikan antara lain: tanda-tanda KDRT sebagai peringatan dini agar terhindar dari perlakuan tersebut. Selain itu, buku ini juga dapat menjadi obat penyembuh bagi para wanita yang pernah mengalami perlakuan tidak menyenangkan dalam bentuk KDRT.
Buku ini menarik, karena kajian-kajian yang dituliskan berdasar pada pengalaman-pengalaman penulis mengatasi pasien-pasien wanita yang mengalami KDRT. Saya sangat merekomendasikan buku ini sebagai salah satu sumber bacaan bagi wanita yang pernah menjadi korban KDRT atau praktisi yang berkecimpung dalam problem kejiwaan (psikiatrik) terkait KDRT dan kewanitaan, baik itu psikolog klinis, sosiolog, dokter umum, ataupun psikiater.
Salah satu buku wajib yang harus menjadi bagian dari koleksi perpustakaan kecil rumah anda, karena buku ini ibarat peeta dan mapping yang berharga untuk pengelolaan korban KDRT. Terdapat 2 hal penting yang terangkai dalam buku ini, yaitu menyembuhkan kekerasan yang terlanjur terjadi dan mencegah KDRT sejak dari awal.

2 Comments:

At 6:34 PM , Blogger new day, new adventure... said...

kalo boleh tau, buku ini diterbitkan oleh penerbit mana ya?
bisa di dapatkan di mana?
di toko buku gramedia ada?

 
At 5:18 AM , Blogger Isa said...

buku ini ada kok di gramedia... aku dapatnya waktu lagi pameran buku di senayan. penerbit nya ntar aku cek ya. coba dech di seraching by internet pasti ketemu info lengkapnya

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home