Wednesday, March 25, 2009

Workshop: Pelatihan Mini Stress Management “Mensana in Corpore Sano”

Bertempat di Ruang A PSPD Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Ciputata Jakarta, pada tanggal 24 Januari 2009, saya di undang oleh SCOME CIMSA (Center for Indonesian Medical Students’ Activities) UINSH untuk menjadi pembicara dalam Acara Workshop: Pelatihan Mini Stress Management “Mensana in Corpore Sano.” Peserta yang hadir kurang lebih 30 orang yang merupakan perwakilan dari mahasiswa/i ankatan 2006 – 2008 PSPD (Program Studi Pendidikan Dokter) FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Acara tersebut berisikan 2 pertemuan, yaitu sesi 1 dan ke 2. Sesi pertama berupa presentasi amteri yang saya bawakan dengan topik manajemen stres & konseling pada mahasiswa kedokteran serta aplikasinya (psikoterapi kelompok dan teknik relakasasi sederhana). Peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya tentang makalah yang disampaikan tersebut.
Sesi kedua di adakan dalam bentuk praktek dan penerapan teknik materi. Terapi kelompok (group therapy) dilakukan dalam suasana semua peserta duduk berhadapan secara melingkar dengan di pimpin oleh seorang ketua yang telah di pilih bersama dan saya selaku fasilitator yang mengamati dinamika yang terjadi dalam kelompok saat diskusi terapi sedang berjalan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan praktek teknik relaksasi yang di pimpin oleh saya selaku instruktur dengan menggunakan cara atau metode PMR (Progressive Muscle Relaxation) secara sederhana yang di dampingi oleh alunan musik dari CD yang membuat relaks.
Pelatihan mini ini sedikit banyak telah memberikan sebuah pemahaman bagi mahasiswa/i kedokteran yang dapat dikatakan memiliki tingkat stresor psikososial yang relatif besar. Tujuan kegiatan ini adalah melatih mahasiswa untuk dapat mengatasi dan merespon stres sehingga dapat lebih baik dalam memanajemen kehidupan, khususnya belajar. Karena mahasiswa merupakan kalangan yang rentan terhadap stres terkait kegiatan sehari-harinya yang padat seperti kesibukan perkuliahan dan belajar yang menjadi beban yang menekan di pikiran atau sebagai pemicu stres.
Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa/i kedokteran dapat mempraktekkan terapi kelompok dan teknik relaksasi sederhana yang telah diajarkan tersebut dalam manajemen stres. Dalam arti, dapat dipakai sebagai obat atau pengelola stres yang mungkin di alami selama masa-masa pendidikan kedokteran.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home